Rabu, 23 Maret 2011

POHON JABON



POHON JABON

Tidak sedikit masyarakat yang tidak mengetahui tentang pohon jabon. Orang cenderung lebih mengenal pohon sengon.Padahal dari nilai ekonomisnya, lebih bagus pohon jabon dibanding  Sengon, demikian ungkap Sendy Putera Nugraha, pengusaha budidaya bibit Jabon dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB ketika menjadi narasumber Dialog RRI di Bogor,26/10.

Pohon Jabon memiliki beberapa keunggulan, selain pohonnya sangat pesat tumbuhnya,diameter batangnya pun  dapat tumbuh berkisar 10cm/tahun. tinggi batang pada usia 12 tahun dapat mencapai 20 meter, sehingga pada usia 6-8 tahun sudah dapat dipanen. Yang lebih unik lagi Jabon memiliki batang dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus,tidak  memerlukan pemangkasan, karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri.

Dalam budidayanya, Jabon merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang dan tidak memerlukan perlakuan khusus,ujarnya

Sementara itu pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan, bahkan industri kayu lapis siap untuk membeli setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas, tambahnya .

Karena menanam pohon jabon merupakan investasi tahunan sebaiknya sambil menanam jabon ditumpangsarikan dengan tanaman-tanaman rempah seperti jahe, kuyit, dll, supaya ada penghasilan lain.

Sulitnya mencari petani yang sesungguhnya merupakan kendala yang dialami Sendy dalam usaha bidang kehutanan ini. Rata-rata petani tidak bisa bertahan dalam pengelolaannya. Lamanya waktu panen menjadi kendala tersendiri bagi petani yang akan menekuni usaha budidaya Jabon.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar